Selasa, 14 Mei 2013

Mengubah ukuran foto dengan photoshop

Mengubah ukuran foto dengan photoshop
Ukuran foto atau size photo hasil pemotretan terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Untuk keperluan cetak agar cocok dengan kebutuhan kita perlu mengatur dimensi foto tersebut terutama panjang dan lebar foto atau ukuran resolusinya. Di program adobe photoshop cs6 cs5 cs4 cs3 cs7.0 kita dapat mengubah/merubah ukuran photo sesuai dengan keperluan. Mengubah ukuran photo bisa meliputi memperkecil ukuran foto atau memperbesar-nya.

Bagaimana cara mengubah ukuran photo dengan photoshop? Bagaimana sih cara merubah dimensi gambar? Gimana ya mengecilkan ukuran foto via aplikasi adobe photoshop dengan cepat dan mudah? Adakah tutorial photoshop tentang merubah ukuran foto?

Jawabannya adalah dengan Image Size photoshop.
Caranya :
  1. Aktifkan Aplikasi photoshop boleh cs6 cs5 cs4 cs3 cs 7.0
  2. Buka yuk foto kita : Klik File > Open > Pilih photo > Oke
  3. Aktifkan Kotak dialog Image Size : Klik Image > Image Size. Akan muncul sebuah kotak dialog Image Size seperti berikut ini ; 


  1. Ubah saja angka-angka pada kotak dialog seperti terlihat pada gambar di atas Kalau sudah klik saja Oke.. Yang bisa kita ubah meliputi :
=>   Ukuran pixel meliputi Width = lebar foto dan Height = panjang photo atau image
 =>   Ukuran dokumen (ukuran dengan satuan centimeter cm, milimeter mm, inchi)
 =>   Resolusi foto dengan satuan ppi (pixel per inchi)
Mengubah salah satu angka akan berakibat angka lain juga ikut berubah. Agar angka atau ukuran lain tidak berubah maka tanda centang/chek/contreng pada Constrain Proportion harus kita hilangkan. Namun akibatnya bentuk foto menjadi berubah.
Ya cara mengubah ukuran gambar pada pada tulisan ini basa digunakan untuk memperkecil ukuran foto. Disamping itu bisa kita gunakan juga untuk memperbesar ukuran photo. Namun akibat perbesaran foto maka kualitas foto akan menurun bahasa mudahnya ketajaman gambar akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar