Selasa, 07 Mei 2013

Membuat DNS dan Active Directory di Windows Server 2003

Membuat DNS dan Active Directory di Windows Server 2003
1. Pertama kali yang harus dipersiapkan adalah sistem operasi Windows Server 2003 (bisa
menggunakan OS server versi apa saja) yang telah terinstall.
2. Kita harus menginstall sebuah komponen baru di Windows. Caranya buka Control Panel kemudian pilih menu Add or Remove Programs. Setelah itu pilih tab Add/Remove Windows Components. Control Panel > Add or Remove Programs > Add/Remove Windows Components
3. Akan tampil sebuah wizard, kemudian pilih Networking Services (tapi jangan dulu di checklist, hanya di select) dan klik tombol Details.
Checklist pilihan Domain Name System (DNS), kemudian lanjutkan hingga instalasi selesai.
4. Kita dapat mengecek apakah DNS sudah terinstall dengan cara START > Administrative Tools.
Setelah DNS terinstall langkah selanjutnya adalah pembuatan Active Directory atau Domain Controller. Berikut langkah pembuatannya:
1. Buka Command Prompt pada Windows kemudian ketikan dcpromo.
2. Akan tampil sebuah wizard untuk membangun active directory. Active directory ini memiliki fungsi untuk mengontrol domain beserta lingkungannya.
3. Langkah selanjutnya adalah penentuan apakah server atau komputer yang kita jalani ini akan dijadikan sebagai Domain Controller atau Domain Controller tambahan. Karena kita baru pertama kali membuat domain maka pilih pilihan pertama. Kemudian klik Next.
4. Berikutnya adalah pembuatan hirearki wilayah akses domain kita. Pilih pilihan pertama karena ini adalah domain pertama. Kemudian klik Next.
5. Buatlah nama sebuah domain. Domain selain .com diperbolehkan. Kemudian klik Next.
6. Biasanya nama dari sebuah NetBIOS tergantung dari nama domain yang kita buat, tapi jika tidak ingin silahkan diubah. Kemudian klik Next.
7. Langkah selanjutnya adalah verifikasi apakah DNS sudah terinstall. Kemudian klik Next.
8. Windows akan meminta permission compatible versi Windows yang dapat mengakses domain. Kemudian klik Next.
9. Pada langkah ini kita diminta untuk memasang password untuk administrator domain. Jika tidak ingin, anda bisa melewati (Skip) langkah ini. Kemudian klik Next.
10. Selanjutnya tinggal mengikuti prosedur dan menunggu instalasi selesai. Jika anda belum merubah IP Address menjadi statik maka akan window untuk mengisi alamat IP anda menjadi statik:
11. Untuk mengecek apakah domain anda sudah aktif, silahkan buka command prompt kemudian ketikan perintah nslookup [nama_domain]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar